Sunday 7 February 2016

Briket dari Sampah Organik



BRIKET DARI SAMPAH ORGANIK

Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket merupakan bahan bakar alternatif yang dapat dibuat dari batubara, kayu, sekam dan bahkan dari sampah. Briket dibuat dengan menekan dan mengeringkan campuran bahan menjadi blok yang keras. Bahan yang digunakan untuk pembuatan briket sebaiknya yang memiliki kadar air rendah untuk mencapai nilai kalor yang tinggi.
Briket dapat dibuat dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai atau limbah terutama briket dari bahan sampah, Sehingga re-use (memanfaatkan kembali barang bekas)  dan re-cycle (mengolah atau mendaur ulang sampah)sampah dapat dimanifestasikan dalam pembuatan briket. Pembuatan briket dari sampah organik, Selain sebagai pemanfaatan sampah, briket sampah organik ini juga memiliki nilai ekonomis dan mudah digunakan.  Pembuatan briket sampah organik ini dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit.
Sampah organik dapat dimanfaatkan untuk penyedraan energi dan sangat potensial untuk sumber karbon yang merupakan salah satu bahan untuk pembuatan briket sampah. Briket sampah terbuat dari jenis-jenis sampah organik kering seperti kertas, kayu, ranting pohon dan sebagainya. Dalam proses pembuatan briket, sampah dikeringkan dahulu kemudian dibakar sampai semua bagian terbakar menjadi bioarang.
            Briket dari bahan sampahorganik dapat dibuat dengan dua cara yaitu sampah organik diarangkan terlebih dahulukemudian dicetak atau dengan mencetak sampah organik terlebih dahulu kemudian diarangkan.

Bomb calorimeter adalah alat yang paling umum untuk mengukur bahan pembakaran atau daya kalori dari suatu material. Dengan piranti ini suatu spesimen test dari masa ditetapkan dan dibakar di bawah kondisi-kondisi distandarisasi. Proses pembakaran diaktifkan di dalam suatu atmosfer oksigen (di dalam suatu kontainer volume tetap, pengeboman yang mana adalah suatu kapal yang dibangun atau dibuat dengan tekanan tinggi). Semua itu terbenam di dalam suatu rendaman air sebelah luar dan keseluruhan alat adalah bejana calorimeter tersebut. Kapal calorimeter juga terbenam di dalam suatu rendaman air sebelah luar. Temperatur air di dalam bejana calorimeter dan redaman yang sebelah luarnya adalah kedua-duanya dim onitor. Analisa kadar air suatu bahan bakar dimaksudkan untuk memperoleh data tentang kadar air yang dapat mempengaruhi besarnya energi kalor bersih pada bahan bakar tersebut. Kadar air yang diperoleh dalam

pengujian ini dalam bentuk persentase. Berdasarkan kadar air tersebut didapatkan bahan kering yang digunakan untuk menganalisa kalor bersih dari hasil pengujian bomb calorimeter.
Analisis kalor suatu bahan bakardimaksudkan untuk memperoleh data tentangenergi kalor yang dapat dibebaskan oleh suatu bahan bakar dengan terjadinya reaksi/proses pembakaran. Nilai kalor bahan bakar dapat ditaksir dengan melaksanakan pengujian pada 'oxygen bomb calorimeter.
Untuk  mengurangi kadar air agar dapat mencapai nilai kalor yang tinggi untuk pembuatan briket maka dilakukan proses pengarangan.
Jenis sampah organik kering akan diproses terlebih dulu, mengeringkan di bawah terik sinar matahari sampai kering. Kemudian memasukkan ke dalam gerabah kira-kira sebanyak seperempat dari seluruh bagian isi gerabah. Sampah dibakar di dalam gerabah setengah pirolisis dan cara mengusahakan agar api tidak berkobar ke luar dengan cara menyempitkan mulut gerabah (mengurangi udara yang keluar masuk sehingga terjadi pembakaran yang tidak sempurna). Bila asap telah menipis yang menandakan bahwa sampah hampir habis terbakar, maka sampah ditambahkan kedalam gerabah sedikit demi sedikit sepertiga atau setengah volume gerabah terisi bioarang. Sampah diusahakan terbakar keseluruhan. Sampah disiram air secara perlahan dan menunggu sampai benar-benar dingin. Arang yang ada dikeluarkan lalu dihaluskan sedikit demi sedikit sehingga diperoleh serbuk briket.
Pencetakan dan Pengepresan Briket. Pencetakan dan pengepresan dilakukan secara bersama-sama. Kanji dilarutkan dengan air secukupnya di dalam gelas ukur dengan perbandingan 1: 1 (kanji '10 gr dan air 10 ml). Serbuk Briket yang halus dimasukan ke dalam air kanjidengan perbandingan 1 : 10.Setelah serbuk dan kanji bercampur rata ditimbang dan kemudian dimasukan ke dalam alat cetak atau pres berbentuk silinder Bisa dibuat dari pipa PVC /bambu atau cukup dikepal dengan tangan. Briket dikeluarkan dari cetakan kemudian dikeringkan di bawah terik matahari.
            Pembuatan briket dari sampah organik sangat bermanfaat selain sebagai bahan bakar alternatif juga dapat mengurangi jumlah timbulan sampah dan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat.

1 komentar:

Miliana said...

makasih sudah berbagi yah kak

resep saus rica rica

Post a Comment

 
;
menu autocaristes pas cher | free wordpress themes download | WordPress tutoriels