Sunday 7 February 2016

Bank Sampah dengan Aplikasi 3R



BANK SAMPAH DENGAN APLIKASI 3R
Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan . Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.
Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Indonesia. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.
Bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus  diintegrasikan dengan gerakan 3R sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.
Salah satu cara menanggulangi  timbulan sampah yaitu dengan menerapkan prinsip 3R.  Reduce adalah segala aktifitas yang mampu mengurangi dan mencegah timbulan sampah. Reuse adalah kegiatan penggunaan kembali sampah yang layak pakai untuk fungsi yang sama atau yang lain. Recyle adalah kegiatan mengelola sampah untuk dijadikan produk baru. Hal inimesti dimulai dengan membangun kebiasaan memilah sampah. Namun  mengajak masyarakat memilah sampah sangat karena menyangkut kebiasaan, budaya, pemahaman dan ketidak pedulian sebagian masyarakat yang sangat rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian di masyarakat maka perlu didirikan “ Bank Sampa” karena dikalangan masyarakat kita kalau sesuatu berhubungan dengan adanya keuntungan “Rupiah” maka masyaraka/ warga akan semangat melakukan pemilahan sampah dari sumbernya. Jika prinsip 3R ini dijalankan dengan konsisten maka aka mendatangkan out put nyata yakni mengurangi beban polutan, mendatangkan manfaat ekonomi dan menjadikan lingkungan bersih. Out come yang langsung dirasakan masyarakat adalah kesehatan dan penghasilan.




1 komentar:

Post a Comment

 
;
menu autocaristes pas cher | free wordpress themes download | WordPress tutoriels